Archive for ◊ November, 2011 ◊

MENGINSTALL WORDPRESS PADA WEB SERVER

Inilah tahap terakhir dari cara install wordpress di hosting gratis. Jadi anda tentunya sudah melewati tahap-tahap sebelumya yaitu “

1. Tutorial Domain Gratis

2. Tutorial Hosting Gratis

3. Tutorial Cara Setting Hosting dan Domain Gratis

4. Cara install WordPress di Hosting Gratis (1/4)

5. Cara Install WordPress di-Hosting Gratis (2/4)

6. Cara Install WordPress di-Hosting Gratis (3/4)

Setelah semua pengaturan telah anda lakukan, mulai dari pembuatan file wp-config.php, permission file hingga pembuatan database WordPress, maka tahap berikutnya adalah menginstall WordPress.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka browser Firefox dan ketikkan alamat website anda, contoh www.duniabaso.co.cc keluar tampilan instalasi WordPress.

3. Isi judul website sesuai dengan kehendak anda (contoh CV DUNIA BASO). Lalu masukkan username (contoh irfanovsky) , password (contoh: byebye2010) dan alamat email Gmail. Beri tanda centang pada checkbox pilihan Allow my site to appear in search engines like Google and Technorati agar website anda dapat tampil di search engine Google . Lalu klik install WordPress. Jika data yang ada masukkan benar maka akan muncul pesan Berhasil (user name dan password anda harus catat dan ingat).

4. Klik Log In sehingga tampil halaman Log In dari WordPress.

5. Masukkan username dan password. Centang Remember me bilamana anda selalu menggunakan komputer pribadi dari rumah. Bila anda menggunakan warung internet , maka untuk jaminan keamanan, lebih baik tidak usah anda centang. Lalu klik Log In .

6. Tampil halaman utama Dashboard dari WordPress.

7. Selamat anda telah berhasil menginstall WordPress pada web site anda. Saatnya anda sekarang mengisi WordPress anda dengan berbagai content yang menarik dan dicari banyak orang. Selamat berkreasi.

8. Bila anda hendak melihat websit anda maka klik tulisan nama website anda di pojok kiri atas (contoh CV Dunia Baso). Maka akan tampil website anda dengan tampilan standard.

9. Anda dapat mengubah tampilan WordPress anda dengan mengubah theme.

10. Anda dapat juga memperkuat SEO website anda dengan menginstall plugin-plugin penting.

Category: Bebas |  Leave a Comment

MEMBUAT DATABASE WORDPRESS DI HOSTING GRATIS

Ini merupakan bagian ke 3 dari 4 bagian Cara Install WordPress Di Hosting Gratis. Anda harus sudah menyelesaikan tutorial-tutorial sebelumnya yaitu :

1. Tutorial Domain Gratis

2. Tutorial Hosting Gratis

3. Tutorial Cara Setting Hosting dan Domain Gratis

4. Cara install WordPress di-Hosting gratis (1/4)

5. Cara Install WordPress di-Hosting Gratis (2/4)

Seperti halnya membuat database pada server komputer local (localhost), pada server web pun juga diperlukan database. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk ke CPanel pada web server www.000webhost.com.

2. Pada baris Softwares/Service pilih MySQL.

3. Tampil halaman Manage MySQL Databases, kemudian isikan data sebagai berikut

a. MySQL Database name = dbbaso (contoh saja, isikan sesuai kehendak anda)

b. MySQL user name = dbbaso(contoh saja, isikan sesuai kehendak anda)

c. Password to MySQL user = bie2008 (isikan password dan catat password ini)

d. Enter password again = bie2008 (isikan password dan catat password ini)

Setelah itu klik Create Database.

4. Selanjutnya akanmuncul script informasi tentang database yang baru anda buat. Catat semua informasi ini karena akan digunakan untuk mengisi file” wp-config.php”. Informasi berbeda-beda sesuai dengan data yang anda isi pada butir 3.

5. Pada data yang saya masukkan pada butir 3,maka script php-nya adalah sbb:

$mysql_host = “mysql4.000webhost.com”;

$mysql_database = “a6582778_wp”;

$mysql_user = “a6582778_wp”;

$mysql_password = “bie2008”;

6. Tekan Back to Contol Panel untuk kembali ke CPanel dan buka File Manager. Klik folder public.html. Klik lagi folder wordpress. Lalu lakukan peng-edit-an file “wp-config.php” dengan cara memberikan tanda centang, kemudian klik Edit.

7. Tampil halaman editor dari file wp-config.php, lalu lakukan perubahan sebagai berikut :

Ubah dari script berikut:

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //

/** The name of the database for WordPress */

define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);

/** MySQL database username */

define(‘DB_USER’, ‘username_here’);

/** MySQL database password */

define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);

/** MySQL hostname */

define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Menjadi script berikut : (sesuai informasi butir 5)

Note: Perubahan dilakukan pada tulisan di antara dua tanda koma atas.

Sewaktu melakukan perubahan tanda apit koma atas sama sekali tidak boleh hilang.

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //

/** The name of the database for WordPress */

define(‘DB_NAME’, ‘a6582778_dbbaso’);

/** MySQL database username */

define(‘DB_USER’, ‘a6582778_dbbaso’);

/** MySQL database password */

define(‘DB_PASSWORD’, ‘bie2008?);

/** MySQL hostname */

define(‘DB_HOST’, ‘mysql4.000webhost.com’);

Menjadi seperti ini. Perhatikan data-data yang anda masukkan.J angan sampai salah. Lihat contoh ini dan lakukan sesuai dengan informasi yang anda peroleh seperti contoh pada butir 5 diatas.

8. Setelah melakukan perubahan pada script php file wp-config.php. Klik gambar disket untuk menyimpan perubahan. Lalu Klik tombol Back.

Category: Bebas |  Leave a Comment

MENGATUR FILE PERMISSION WP-CONFIG.PHP

Ini adalah manual ke 2 tentang Cara Install WordPress di-Hosting Gratis. Anda seharusnya sudah melakukan dan mengerjakan 4 buah tutorial dalam Cara Install WordPress di Hosting Gratis sebagai berikut :

1. Tutorial Domain Gratis

2. Tutorial Hosting Gratis

3. Tutorial Cara Setting Hosting dan Domain Gratis

4. Cara install wordpress di hosting gratis (1/4)

Sebelum menginstall file, terlebih dahulu anda harus mengatur file permission (perizinan) agar file tersebut bisa terkonfigurasi dengan baik.

Langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut :

1. Masuk lagi ke dalam File Manager di CPanel dari www.000webhost.com .

2. Klik folder public.html. Lalu klik folder wordpress. Cari file wp-config.php, lalu ubah namanya menjadi wp-config.php dengan cara member tanda centang pada file wp-config.php, lalu klik tab Rename.

3. Tampil halaman Rename directories and file. Pada box dialog New name tulis “wp-config.php”. Lalu klik tombol centang hijau.

4. Tampil halaman pemberitahuan bahwa file “wp-config-sample.php” telah diubah menjadi namanya menjadi “wp-config.php”. Lalu klik tombol Back.

5. Sekarang nama file sudah berubah menjadi “wp-config.php”. Beri tanda centang pada file ini dan klik tab Chmod.

6. Tampil halaman Chmod directories and files. Centang semua opsi pada bagian “Set the permission of file wp-config.php to” sehingga Chmod values bernilai 777. Lalu tekan tombol hijau.

7. Tampil halaman pesan yang menyatakan bahwa file wp-config.php telah diganti permission file-nya yang ditandai dengan Chmod valuenya bernilai 777. Lalu klik tombol Back.

8. Demikian Cara Install WordPress di-Hosting Gratis (2/4)

Category: Bebas |  Leave a Comment

MENG-UPLOAD FILE WORDPRESS KE SERVER HOSTING GRATIS

Cara install WordPress di hosting gratis itu mudah sekali. Setelah akun website anda aktif,maka langkah selanjutnya adalah mengup-load file WordPress ke dalam web server. Sebelumnya pastikan anda harus sudah melakukan 3 hal terlebih dahulu yaitu seperti yang sudah diuplod dalam artikel berita

1. Tutorial Domain Gratis

2. Tutorial Hosting Gratis

3. Tutorial Cara Setting Hosting dan Domain Gratis

Bilamana hosting gratis anda menyediakan juga fasilitas software Fantastico di CPanelnya, maka anda tidak perlu repot-repot. gunakan software Fantastico untuk menginstall otomatis WordPress ke website anda. Namun seringkali fasilitas Fantastico ini dinon-aktifkan oleh penyedia hosting gratis jadi anda harus menginstall WordPress secara manual.

Baiklah, anda sudah punya website gratis yang masih kosong yang siap diisi oleh program WordPress dari WordPress.org. Langkah-langkah cara install WordPress di hosting gratis adalah sebagai berikut:

1. Buka browser Firefox dan masuklah ke url http://www.000webhost.com. Masuk ke Member Area/Login. Masukkan alamat Gmail, password dan kode verifikasi.Klik Submit.

2. Tampil halaman List of your domain. Klik Go to CPanel pada kolom Action.

3. Tampil halaman CPanel dari web server. Klik File Manager pada kolom File.

4. Kemudian anda masuk ke halaman seperti dibawah ini. Isikan username (biasanya sudah otomatis, namun sebaiknya anda catat karena nantinya akan dipakai bila server anda ada masalah, contohnya username : a6582778) dan password pendaftaran ke 000webhost.com. Klik Continue.

5. Tampil halaman seperti di bawah ini. Pilih/sorot folder public.html dan kliklah untuk masuk ke dalam folder public.html.

6. Di dalam folder public.html ini terdapat file dengan nama default.php. Anda harus menghapus file ini dengan cara memberikan tanda centang pada checkbox, lalu klik Delete.

7. Tampil halaman pesan Delete directories and files. Klik tanda centang hijau untuk mengkonfirmasi file tersebut benar-benar hendak dihapus.

8. File default.php sudah terhapus.Klik tombol Back. Sekarang folder public.html sudah kosong.

9. Sekarang saatnya meng-upload/mengisi file baru ke dalam folder public.html. Klik menu Upload. (Perhatikan juga sekarang isi folder public.html anda sudah kosong).

10. Anda masuk pada halaman Upload file. Karena file wordpress yang anda download dari www.wordpress.org merupakan file terkompresi yaitu wordpress-3.1.1.zip , maka anda harus meng-ekstrak dulu file ini pakai program winzip atau 7-zip. Untuk mendapatkan software winzip, silahkan download disini.

11. Hasil ekstrak menggunakan winzip akan menghasilkan folder wordpress. Di dalam folder wordpress ini berisi folder wp-admin, wp-content, wp-includes dan beberapa file seperti file index.php, wp-config-sample-php, license.txt, readme.html dan lain-lain.

12. Kemudian klik kanan folder wp-admin, lalu pilih Add to archive.

13. Centang pilihan zip lalu klik Ok.

14. Maka folder wp-admin menjadi folder zip bernama wp-admin.zip. Folder zip ini disimpan ditempat yang sama dengan folder wp-admin.

15. Lakukan hal yang sama untuk folder wp-content dan wp-includes.

16. Nah untuk file yang yang lainnya, seperti file index.php, wp-config-sample.php.license.text dan lain-lain. Anda harus menyorot/memilih semua file tersebut. Lalu klik kanan dan pilih Add to archive. (Note: Hati-hati jangan sampai folder yang telah anda kompressi (wp-admin.zip, wp-content.zip dan wp-includes.zip) sebelumnya ikut terpilih) .

17. Perhatikan archive name otomatis menjadi wordpress.rar. Centang pilihan zip, sehingga archive name menjadi wordpress.zip. Lalu klik Ok.

18. Bila berhasil maka folder wordpress anda akan berisi folder-folder zip wp-admin.zip, wp-content.zip, wp-includes.zip dan wordpress.zip seperti dibawah ini.

19. Kembali ke butir 9 diatas, Pilih Upload. Karena semua folder wordpressnya sudah anda compress, Maka klik Browse yang di sebelah kanan.

20. Anda menuju kotak dialog File Upload. Cari folder wp-admin.zip di komputer anda. Lalu klik Open. Maka kotak sebelah kanan Browse akan terisi alamat folder wp-admin.zip.

21. Klik Add another untuk menambahkan folder wp-content.zip. Tambahkah juga folder wp-includes.zip dan wordpress.zip satu persatu.

22. Lalu klik tombol centang hijau untuk memulai upload file. Lalu klik tombol hijau untuk melanjutkan proses.

23. Kemudian tampil halaman berikut. Klik tombol Back.

24. Bila berhasil upload, maka tampilan layar anda harus sama persis seperti dibawah ini. Perhatikan susunan filenya sama persis dengan susunan file hasil ekstrak sewaktu anda mengekstrak dari folder wordpress3.1.1.zip hasil download dari internet. Bila tidak maka anda salah upload file. Ulangi lagi peng-upload-an file.

Category: Bebas |  Leave a Comment
info kuliah cyber d3 unggulan
Thursday, November 10th, 2011 | Author:

Dear All, untuk kuliah hari ini online ya materi lebih kepada potensi pengembangan bisnis online berbasis ecommerce, Anda bisa mereview dukungan aplikasi istant di www.opensourcecms.com

Category: Komputer |  Leave a Comment