Increase your knowledge and skill for umroh

Berbicara ibadah haji dan umroh tentunya hampir keseluruhan orang muslim, baik kaya maupun miskin pasti kalo ditanya pingin umroh dan haji, pasti keseluruhan orang akan bilang iya. Oleh sebab itu knowledge ritual haji dan umroh kiranya sangatlah penting untuk dipelajari. Selain untuk menambah ilmu tentunya akan menambah kekhusyuan dalam melaksanakan ibadah tersebut. Oleh karena itu dalam melaksanakan ibadah haji maupun umroh tentunya tidak hanya jasad saja yang pergi kesana melainkan hatinya pun dimaksimalkan agar bisa ikut serta kesana, karena tidak sedikit orang yang tidak mempunyai kesan selama berada disana, sehingga dalam melaksanakan ibadahnya pun tidak maksimal. bisa jadi selama disana yang dipikirkan hanya belanja dan belanja, tidur dihotel yang megah dan sangat jarang sekali tadarus al-quran bahkan sholat di masjid saja rada-rada malas. Tentunya sangat memprihatinkan bila perilaku kita seperti itu ditanah suci.kabah
Adapun kiat atau metode yang perlu dilakukan adalah pahami betul kalo orang yang ingin melaksanakan ibadah haji ataupun umroh adalah tamunya Allah dzat yang mempunyai kekuasaan yang meliputi langit dan bumi yang menciptakan kita. Selain itu kita pun akan menjadi tamunya kekasih Allah yakni baginda Rasulullah Muhammad SAW, manusia sempurna yang mempunyai akhlak yang sangat mulia.kabah Logikanya kalau kita jadi tamu presiden saja tentunya kita akan senang sekali dan akan yakin kalau semua fasilitas pun akan disediakan bagi kita, apalagi kita akan menjadi tamu Allah dan Rasul-Nya. Maka dari itu kita harus berusaha menjadi tamu yang baik agar yang punya rumah pun senang.
Selain itu yang perlu diperhatikan dan dijaga adalah walaupun di tanah suci, tentunya tidak terlepas dari ujian dan cobaan. Iblis pun tetap mengganggu kita disana. beberapa gangguan iblis yang aku pahami dari ustad yakni
1. lalai, ganguan ini di siasati iblis agar kita lalai mengingat Allah, misal kita pengen ibadah di tempat-tempat mustajabah misal di raudhoh tempat dikabulkan semua doa jadi kita berdesak-desakan disana dengan melupakan berdzikir.
2. emosi, jadi kita akan terpancing emosi untuk berebutan dalam ibadah karena saking berebut-rebutan.
3. takut, kita dikhawatirkan takut ga bisa baca-baca doa-doa dengan bahasa arab, takut ga kebagian ibadah di tempat2 mustajabah, takut akan kesehatan kita ga bisa baik selama ibadah dan ketakutan-ketakutan lainnya yang ga beralasan.
4.syahwat, karena disana bisa kita saksikan banyak katanya orang-orang arab dan turki yang cantik dan tampan, oleh karena itu semaksimal mungkin kita jaga pandangan.
Oleh sebab itu tingkatkanlah ibadah-ibadah selama di Tanah suci. sehingga dalam pelaksanaan ibadah pun kita tidak usah terburu-buru, grasak-grusuk dan yakin Allah maha tau akan niat kita. Apalagi kita juga kan termasuk musafir dan kita berada di tanah suci yang tentunya kita harus benar-benar yakin kalau semua doa kita insyaAllah akan dikabulkan oleh Allah SWT.
Beberapa pemahaman dalam melaksanakan ritual ibadah umroh yang didapatkan dari beberapa situs atau blog terkait diantaranya http://hasanalsaggaf.wordpress.com/, http://www.hajiumroh.com yang perlu kita pahami betul adalah Rukun dan Wajib Umroh, karena inilah modal yang paling utama agar ibadah umroh kita sempurna.

Rukun Umroh

Niat Ihram di Miqat
Tawaf
Sa’i
Tahallul
Tertib

Wajib Umroh

Niat Ihram di Miqat
Meninggalkan larangan selama Ihram

Umroh ini bisa dilakukan kapan saja, asalkan bukan hari Arafah tgl 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik tgl 11,12,13 Zulhijah. Umroh bulan ramadhan mendapat pahala sama dengan melakukan Ibadah Haji (Hadits Muslim), makanya kalo bulan ramadhan sangat ramai sekali.
Pelaksanaan Detail dari umroh sendiri adalah sebagai berikut:

TAHAPAN UMROH – PENJELASAN DETAIL

Kegiatan
1. Berangkat menuju Miqat
2. Berpakaian dan berniat Ihram di Miqat (Tempat Miqat, al : Bier Ali, Ji’ronah,Tan’im, dsb)
3. Shalat sunat ihram 2 rakaat jika memungkinkan
4. Melafazhkan niat Umroh : Labbaik Allahuma Umrotan
5. Teruskan perjalanan ke Mekah, dengan membaca Talbiah sebanyak-banyaknya dan mematuhi larangan saat ihram
6. Melakukan Tawaf sebanyak 7 putaran
7. Melakukan Sa’i antara Bukit Safa – Bukit Marwah sebanyak 7 kali
8. Tahallul (menggunting rambut)
9. Ibadah Umroh selesai

Larangan saat Ihram

1. Tidak boleh memotong dan mencabut rambut, memotong kuku, menggaruk sampai kulit terkelupas atau mengeluarkan darah
2. Tidak boleh menggunakan parfum, termasuk parfum yang ada pada sabun
3. Tidak boleh bertengkar
4. Tidak boleh bermesraan
5. Tidak boleh berhubungan suami isteri
6. Tidak boleh berkata yang tidak baik, berkata porno
7. Tidak boleh menikah atau menikahkan
8. Tidak boleh berburu atau membantu berburu
9. Tidak boleh membunuh binatang (kecuali mengancam jiwa), memotong atau mencabut tumbuhan dan segala hal yang mengganggu kehidupan mahluk.
10. Tidak boleh ber make-up
11. Pria tidak boleh : memakai penutup kepala, memakai pakaian berjahit dan tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki
12. Wanita tidak boleh : menutup wajah dan memakai sarung tangan sehingga menutup telapak tangan

Pemahaman Sejarah

kabahKa’bah adalah bangunan suci Muslimin yang terletak di kota Mekkah di dalam Masjidil Haram. ia merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah sholat bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain itu, merupakan bangunan yang wajib dikunjungi atau diziarahi pada saat musim haji dan umrah.
Hajar Aswad merupakan batu yang dalam agama Islam dipercaya berasal dari surga. Yang pertama kali meletakkan Hajar Aswad adalah Nabi Ibrahim as. kabahkabahDahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. Namun semakin lama sinarnya semangkin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam. Batu ini memiliki aroma wangi yang unik dan ini merupakan wangi alami yang dimilikinya semenjak awal keberadaannya. Dan pada saat ini batu Hajar Aswad tersebut ditaruh di sisi luar Ka’bah sehingga mudah bagi seseorang untuk menciumnya. Adapun mencium Hajar Aswad merupakan sunah Nabi saw. Karena beliau selalu menciumnya setiap saat bertawaf. Dan sunah ini diikuti para sahabat beliau dan Muslimin. Hajar Aswad adalah batu berwarna hitam yang berada di sudut Tenggara Ka’bah, yaitu sudut dimana tempat Tawaf dimulai. Hajar Aswad merupakan batu yang diturunkan Allah SWT dari Surga melalui malaikat Jibril.
Hajar Aswad berupa kepingan batu yang terdiri dari delapan keping yang terkumpul dan direkat dengan lingkaran perak.
Dalam salah satu riwayat Bukhari-Muslim, diterangkan bahwa Sayyidina Umar, sebelum mencium Hajar Aswad mengatakan, “Demi Allah, aku tahu bahwa kau adalah sebuah batu yang tidak dapat berbuat apa-apa.Kalau aku tidak melihat Rasul SAW mencium-mu, tidak akan aku mencium-mu:.
Jadi mencium Hajar Aswad bukanlah suatu kewajiban bagi umat Islam, tapi merupakan anjuran dan sunnah hukumnya.Maka kalau keadaan tidak memungkinkan karena penuhnya orang berdesakan, sebaiknya urungkan saja niat untuk mencium atau mengusap batu ini.

Makam Ibrahim

maqom_ibrahimMakam Ibrahim bukan kuburan Nabi Ibrahim sebagaimana banyak orang berpendapat. Makam Ibrahim merupakan bangunan kecil terletak di sebelah timur Ka’bah. Di dalam bangunan tersebut terdapat batu yang diturunkan oleh Allah dari surga bersama-sama dengan Hajar Aswad. Di atas batu itu Nabi Ibrahim berdiri di saat beliau membangun Ka’bah bersama sama puteranya Nabi Ismail. Dari zaman dahulu batu itu sangat terpelihara, dan sekarang ini sudah ditutup dengan kaca berbentuk kubbah kecil. Bekas kedua tapak kaki Nabi Ibrahim yang panjangnya 27 cm, lebarnya 14 cm dan dalamnya 10 cm masih nampak dan jelas dilihat orang

Multazam

MultazamSebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Antara Rukun Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah, yang disebut Multazam. Tidak seorangpun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”
Multazam merupakan dinding Ka’bah yang terletak di antara Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah. Tempat ini merupakan tempat utama dalam berdoa, yang dipergunakan oleh jamah Haji dan Umroh untuk berdoa/ bermunajat kepada Allah SWT setelah selesai melakukan Tawaf. Saat bermunajat di depan Multazam ini, Jarang orang tidak meneteskan air mata di sini, terharu karena kebesaran Illahi.Multazam ini insya Allah merupakan tempat yang mustajab dalam berdoa, insya Allah doa dikabulkan oleh Allah SWT.

Hijir Ismail

Hijir Ismail
Hijir Ismail, berdampingan dengan Ka’bah dan terletak di sebelah utara Ka’bah, yang dibatasi oleh tembok berbentuk setengah lingkaran setinggi 1,5 meter. Hijir Ismail itu pada mulanya hanya berupa pagar batu yang sederhana saja. Kemudian para Khalifah, Sultan dan Raja-raja yang berkuasa mengganti pagar batu itu dengan batu marmer. Hijir Ismail ini dahulu merupakan tempat tinggal Nabi Ismail, disitulah Nabi Ismail tinggal semasa hidupnya dan kemudian menjadi kuburan beliau dan juga ibunya.
Berdasarkan kepada sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam, sebagian dari Hijir Ismail itu adalah termasuk dalam Ka’bah. Ini diriwayatkan oleh Abu Daud dari ‘Aisyah r.a. yang berbunyi : ‘Dari ‘Aisyah r.a. katanya; “Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan sholat di dalamnya. Rasulullah s.a.w. membawa Siti ‘Aisyah ke dalam Hijir Ismail sambil berkata ” Sholatlah kamu di sini jika kamu ingin sholat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah.
Sholat di Hijir Ismail adalah sunnah, dalam arti tidak wajib dan tidak ada kaitan dengan rangkaian kegiatan ibadah Haji atau ibadah Umroh.Hijir Ismail juga salah satu tempat istijabah doa.

Category: islami  Tags: , ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>